Promo

Social Distancing di Stasiun Dan Kereta Api

header_banner_social_distancing-kai_access.jpg

Sesuai arahan pemerintah, KAI menerapkan kebijakan Social Distancing atau pembatasan jarak antar penumpang di area stasiun dan selama dalam perjalanan kereta api. Social Distancing diterapkan untuk menekan penyebaran virus corona di berbagai titik wilayah kerja KAI.

Penerapan Social Distancing di stasiun berupa pembuatan tanda batas di beberapa titik sepeti loket, boarding, mesin Check In Mandiri, tempat duduk di ruang tunggu dan lift. Adapun jarak antar penumpang dalam Social Distancing di stasiun adalah kurang lebih 1 meter.

Guna memaksimalkan penerapan Social Distancing di stasiun, saat proses boarding pun penumpang cukup menunjukkan identitas diri dan boarding pass atau e-boarding pass tanpa perlu menyerahkannya ke petugas. Jika sudah sesuai, penumpang langsung melakukan scan barcode secara mandiri dengan disaksikan oleh petugas boarding.

Untuk hasil yang maksimal dari penerapan Social Distancing, penumpang diminta mengantre dengan tertib dan mengikuti seluruh arahan dari petugas yang ada di stasiun.

Dalam hal di kereta api, KAI menerapkan Social Distancing dengan membatasi kapasitas KA Lokal secara sistem, dari kapasitas maksimum 150% dalam satu kali perjalanan menjadi maksimum 75%. Adapun untuk penumpkang KA Jarak Jauh, kondektur dopat memindahkan penumpang ke kursi yang kosong jika ada permintaan dari penumpang. Penumpang dapat menghubungi kondektur secara langsung atau melalui nomor handphone yang tertera pada setiap dinding kereta.

KAI memohon kerjasama dari seluruh penumpang, serta meminta agar sesama penumpang dapat saling mengingatkan satu sama lain untuk menjaga jarak, karena kebijakan ini akan berjalan efektif dengan dukungan dari seluruh pihak.

 

#waspadacorona

#socialdistancing

#jagajarakaman

#selaluadajalan