Informasi Pembatalan Tiket Kereta Api

Syarat dan ketentuan pembatalan tiket kereta api dilakukan penyesuaian kembali sebagai berikut
CANCEL REJECTED
A. Bagi calon penumpang yang hasil rapid tesnya reaktif atau positif dapat dilakukan pembatalan sebagai berikut :
- Dapat dilakukan di contact center 121 wa 08111 2111 121 dan loket stasiun;
- Paling lambat h+7;
- Melampirkan bukti tes Covid-19 dengan hasil positif;
- Kembali penuh 100 %;
- Pengembalian bea atas pembatalan di contact center 121 wa 08111 2111 121 dengan skema transfer 1x24 jam dari tanggal proses pembatalan;
pengembalian bea atas pembatalan di loket stasiun sbb:
- Proses pembatalan wajib diwakilkan;
- Wajib melampirkan surat kuasa bermeterai dari pemilik tiket kepada yang dikuasakan untuk melakukan pembatalan;
- Menunjukkan bukti identitas asli pemilik tiket dan menyerahkan fotokopi bukti identitas asli pemilik tiket;
- Dalam hal tiket yang dibatalkan lebih dari satu penumpang namun dengan kode booking yang sama maka fotokopi bukti identitas dan atau surat kuasa pembatalan yang dilampirkan cukup salah satu dari penumpang dimaksud;
- Pengembalian bea langsung tunai;
B. Bagi calon penumpang yang tidak memiliki sertifikat vaksin, anak2 dibawah 6 tahun tanpa pendamping ndapat dilakukan pembatalan sebagai berikut :
- Dapat dilakukan di loket stasiun atau contact center 121 wa 08111 2111 121;
- Paling lambat h+3;
- Kembali penuh 100 %;
Pengembalian bea atas pembatalan di loket stasiun langsung tunai dan di contact center 121 wa 08111 2111 121 skema transfer 1x24 jam dari tanggal proses pembatalan;
C. Bagi calon penumpang suhu badan di atas 37,3 derajat celcius pada saat proses boarding dapat dilakukan pembatalan sebagai berikut :
- Hanya dapat dilakukan di loket stasiun;
- Pembatalan dilakukan mulai 3 jam sebelum keberangkatan kereta api dan paling lambat sebelum keberangkatan kereta api;
- Pengembalian bea langsung tunai kembali penuh 100%;
D. Cancel rejected penumpang reaktif / positif dengan pendamping dapat dilakukan pembatalan sebagai berikut :
- Khusus untuk penumpang reaktif / positif, tiket dapat dibatalkan maksimal 10 (sepuluh) orang dewasa dalam satu kode booking beserta infant di dalam kode booking tersebut;
- Dapat dilakukan di contact center 121 wa 08111 2111 121 dan loket stasiun;
- Paling lambat h+7;
- Kembali penuh 100 %;
Pengembalian bea atas pembatalan di loket stasiun langsung tunai dan di contact center 121 wa 08111 2111 121 dengan skema transfer 1x24 jam dari tanggal proses pembatalan;
E. Cancel rejected perubahan jadwal
- Pengaturan penumpang yang terdampak akibat perubahan jadwal perjalanan kereta api yang dilakukan oleh perusahaan
- Pembatalan dapat dilakukan di contact center 121 wa 08111 2111 121 dan loket stasiun;
- Paling lambat h+7;
- Kembali penuh 100 %;
Pengembalian bea atas pembatalan di loket stasiun langsung tunai dan di contact center 121 wa 08111 2111 121 dengan skema transfer 1x24 jam dari tanggal proses pembatalan
F. Cancel train Untuk kereta api antar kota yang dibatalkan oleh perusahaan dapat dilakukan pembatalan sebagai berikut :
- Di loket stasiun;
- Paling lambat h+7
- Pengembalian bea langsung tunai kembali penuh 100 %
- Di lakukan di contac center 121 wa 08111 2111 121;
- Paling lambat h+7
- Pengembalian bea transfer 1x24 jam kembali penuh 100 %
- Dilakukan di kai access;
- Paling lambat 3 jam sebelum keberangkatan
- Pengembalian bea transfer 1x24 jam kembali penuh 100 %
G. Untuk ka jarak dekat atau lokal yang dibatalkan oleh perusahaan dapat dilakukan pembatalan sebagai berikut :
- Hanya di loket stasiun;
- Paling lambat h+7;
- Kembali penuh 100%;
Apabila penumpang memiliki tiket sifat persambungan, tiket perjalanan pp atau tiket lain nya dapat dikembalikan atau dibatalkan dengan pengembalian 100 % paling lambat sebelum jadwal keberangkatan ka yang tertera di tiket
H. Pembatalan perjalanan atas inisiatif penumpang ( cancel passenger ), calon penumpang tidak menggunakan masker dan atau bagi calon penumpang yang tidak memiliki atau tidak dapat menunjukkan surat rt-pcr atau rapid test antigen dilakukan pembatalan sebagai berikut :
- Untuk ka antar kota
- Di loket stasiun dan tiket box
- Paling lambat 30 menit sebelum keberangkatan;
- Dikenakan bea administrasi 25%;
- Transfer atau tunai kembali bea 30 s.d 45 hari kemudian;
Di aplikasi kai access :
- Paling lambat 3 jam sebelum keberangkatan;
- Dikenakan bea administrasi 25%;
- Transfer kembali bea 30 s.d 45 hari kemudian;
Untuk ka lokal :
- Hanya di loket stasiun sesuai jam reservasi;
- Paling lambat 30 menit sebelum keberangkatan;
- Dikenakan bea administrasi 25%;
- Tunai kembali bea 30 s.d 45 hari kemudian;
Berlaku mulai tanggal 10 April 2022